the newbie blogger

Minggu, 17 Januari 2010

Penyulingan Fraksional Minyak Mentah

Penyulingan Fraksional Minyak Mentah



Ringkasan ini diterjemahkan dari Fractional Distillation of Crude Oil
Hidrokarbon yang merupakan molekul penting dalam minyak mentah hanya mengandung atom karbon serta hidrogen. Jika rantainya pendek, ini berarti hidrokarbon dalam rantai yang pendek memiliki sifat basah, mudah dinyalakan, dan titik didih yang rendah. Rantai yang pendek lebih berguna daripada rantai yang panjang dan bisa digunakan untuk bahan bakar. Di lain pihak, molekul-molekul rantai hidrokarbon yang panjang lebih liat, sulit dinyalakan, dan punya titik didih yang lebih tinggi. Tapi sebelum bisa menjadi berguna, hidrokarbon harus dipisahkan ke kelompok-kelompok dengan atom karbon yang sama (disebut juga fraksi). Minyak mentah dipisahkan melalui penyulingan fraksional. Berikut ini adalah cara kerja prosesnya:
1)Minyak mentah dipanaskan sampai menguap. Di dalam sebuah kolom fraksionasi, suhu di puncak kolom lebih panas dan lebih dingin di dasarnya.
2) Hasilnya adalah molekul-molekul hidrokarbon yang lebih panjang mencapai puncak kolom sebelum mereka memadat sehingga mereka bisa dikumpulkan. Molekul-molekul hidrokarbon yang lebih panjang memadat di temperatur yang lebih tinggi dan dikumpulkan di titik-titik yang berbeda di dekat dasar kolom.
Molekul-molekul hidrokarbon yang dipisahkan setelah melalui penyulingan fraksional, masih tetap tidak berguna untuk digunakan sebagai bahan bakar dan produk-produk yang lain. Namun molekul hidrokarbon bisa dikecilkan-kecilkan lagi menjadi molekul-molekul yang lebih berguna melalui sebuah proses bernama cracking.

sumber : http://id.shvoong.com/exact-sciences/chemistry/1821912-penyulingan-fraksional-minyak-mentah/

Tidak ada komentar: