the newbie blogger

Rabu, 20 Januari 2010

Petronas

Petronas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Logo Petronas
Petronas, kependekan dari Petroliam Nasional Berhad, adalah perusahaan minyak dan gas milik negara Malaysia yang didirikan pada 14 Agustus 1974. Petronas memiliki 103 anak perusahaan, dan memiliki sebagian 19 perusahaan dan berhubungan dengan 55 perusahaan. Bersama-sama, perusahaan-perusahaan ini membentuk Grup Petronas, yang bergerak dalam aktivitas berdasar minyak dan gas.
Petronas membangun Menara Petronas sebagai kantor pusatnya. Petronas merupakan salah satu sponsor utama dari tim Formula Satu Sauber, dan dia menyediakan pelumas dan bahan bakar untuk tim tersebut. Dia juga memiliki 40% dari Sauber Petronas Engineering, perusahaan yang membuat sasis yang menggunakan mesin rancangan Scuderia Ferrari yang digunakan oleh tim Sauber. Petronas juga merupakan sponsor utama dari Grand Prix Formula-1 Malaysia.
Pada 2004, Menteri dalam Departemen Perdana Menteri, Datuk Mustapa Mohamed, mengumumkan bahwa Petronas menyumbangkan RM 25 milyar ke harta negara untuk pemasukan 25% yang dikumpulkan melalui "dividend" dan pemasukan lainnya.
SPBU Petronas
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Petronas

Tidak ada komentar: