the newbie blogger

Kamis, 21 Januari 2010

daerah penghasil migas

Kabupaten Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Kabupaten Bengkalis
Lambang Kabupaten Bengkalis
Lambang Kabupaten Bengkalis
-
Peta lokasi Kabupaten Bengkalis
Koordinat : -
Motto -
Semboyan '
Slogan pariwisata '
Julukan
Demonim '
Provinsi Riau
Ibu kota Bengkalis
Luas 10.683,25 km² (versi UU No 12/2009)
Penduduk  
 · Jumlah 658.034 (2007)
 · Kepadatan - jiwa/km²
Pembagian administratif  
 · Kecamatan 13
 · Desa/kelurahan -
Dasar hukum -
Tanggal -
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Bupati -
Kode area telepon 0766, 0765
APBD -
DAU -
Suku bangsa {{{suku bangsa}}}
Bahasa {{{bahasa}}}
Agama {{{agama}}}
Flora resmi {{{flora}}}
Fauna resmi {{{fauna}}}
Zona waktu {{{zona waktu}}}
Bandar udara {{{bandar udara}}}

Situs web resmi: www.bengkalis.go.id
Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis, Pulau Bengkalis, terpisah dari Pulau Sumatera. Kota terbesar di kabupaten ini adalah Duri.
Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi, yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.
Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Informasi Umum

Kabupaten Bengkalis terletak di sebelah timur Pulau Sumatera yang mencakup area seluas 11.481,77 km² dengan batas sebagai berikut:
Utara Selat Malaka
Selatan Kabupaten Siak
Barat Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir
Timur Kabupaten Karimun, Kabupaten Pelalawan

[sunting] Pembagian Administratif

Secara administratif, Kabupaten Bengkalis terdiri dari 8 kecamatan, dan Bengkalis sebagai ibu kota Kabupaten dikenal juga dengan nama Kota Terubuk, karena daerah ini adalah penghasil ikan Terubuk yang sangat disukai masyarakat karena rasanya yang lezat. Kota lainnya adalah Duri sebagai pusat penghasil minyak.

[sunting] Kondisi Geografis

Bengkalis merupakan daerah yang terdiri dari dataran-dataran rendah, dengan ketinggian rata-rata sekitar 1-6,1 m di atas permukaan laut. Di daerah ini juga terdapat beberapa sungai, tasik (danau), serta 26 Pulau besar dan kecil. Pulau-Pulau besar itu adalah Pulau Rupat (1.524,84 km2), Pulau Bengkalis (938,40 km2), Pulau Padang dan Merbau (1.348,91 km2).

[sunting] Iklim

Bengkalis mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh iklim laut, dengan temperatur 260C – 320C. Musim hujan terjadi sekitar bulan September – Januari dan musim kemarau terjadi sekitar bulan Februari hingga Agustus.

[sunting] Transportasi

Kota Duri dan Sungai Pakning dihubungkan dengan jalan raya untuk menuju ke Pekanbaru, ibu kota Propinsi Riau, dan kota kota lainnya di Sumatera. Selain itu juga disediakan ferry penyeberangan (RO-RO) untuk menghubungkan Pulau Bengkalis dengan Sungai Pakning, Riau Daratan, sekaligus untuk membuka akses ke seluruh kota-kota kecil dan besar di Pulau Sumatera. Untuk transportasi udara, terdapat Bandar udara di Bukit Batu yang saat ini digunakan Pertamina untuk pengisian minyak pesawat ke Sungai Pakning dan untuk aktivitas Kondur Petroleum, SA. Untuk masa yang akan dating, bandara ini diharapkan dapat digunakan untuk pesawat komersial.

[sunting] Listrik

Untuk memenuhi kebutuhan listrik, PT PLN mensuplai listrik keseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis dengan kapasitas sebagai berikut :
  1. Bengkalis 3870 kw dan Teluk Pambang 100 kw.
  2. Sungai Pakning 1090 kw dan Tenggayun 100 kw.
  3. Duri 10.830 kw .
  4. Batu Panjang 420 kw, Pangkalan Nyirih 40 kw dan Teluk Lecah, Titi Akar, Medang 100 kw.
  5. Tanjung Samak 300 kw.
  6. Teluk Belitung 200 kw dan Bandul 100 kw.

[sunting] Air Bersih

Untuk saat ini air bersih dapat disuplai oleh PDAM ke daerah Bengkalis dan Duri, sementara untuk kota lainnya sedang dalam perencanaan.

[sunting] Telekomunikasi

PT Pos telah mencapai seluruh bagian di Kabupaten Bengkalis. Disamping itu juga dilengkapi dengan layanan telepon untuk daerah Bengkalis, Sungai Pakning,dan Duri. Saat ini telepon selular dapat dilayani di Bengkalis, dan Duri.

[sunting] Bank

Saat ini ada beberapa bank di Kabupaten Bengkalis, yaitu :
  1. Bank Rakyat Indonesia di Bengkalis, Selat Baru, Duri, Tanjung Samak dan Sungai Pakning.
  2. Bank Negara Indonesia di Bengkalis dan Duri.
  3. Bank Riau.
  4. Bank Mandiri di Bengkalis dan Duri.
  5. Bank Mega di Bengkalis.

[sunting] Hotel dan Penginapan

Untuk akomodasi bagi para pengunjung, maka disediakan beberapa hotel di Bengkalis, Duri, Sungai Pakning dan Tanjung Lapin, serta Rupat Utara.

[sunting] Pariwisata

Pantai Pasir Panjang di Pulau Rupat Berlokasi di Selat Malaka dan merupakan pantai kebangaan dari 3 daerah di Pulau Rupat, yaitu Tanjung Medang, Tanjung Rhu, dan Tanjung Punak. Tempat ini dapat dicapai dengan boat kecil yang dikenal dengan nama ‘pompong’ dari Dumai. Perjalanan akan memakan waktu selama 15 menit dengan boat dan 45 menit dengan kendaraan beroda dua (ojek). Jalur ini dilalui oleh boat nasional dan pengunjung internasional karena keindahan pantai Rupat dan pemandangan laut yang nyaman. Rencananya akan dibangun jembatan sepanjang 50 km untuk menghubungkan pulau ini dengan Malaka – Malaysia. Di pulau Rupat juga dapat ditemukan komunitas suku terbelakang yang disebut dengan suku Akit yang melakukan berbagai atraksi untuk menghibur pengunjung.
Pantai Selat Baru Berlokasi di pantai Timur Bengkalis sepanjang 4 km dengan ciri khas desa dan dusun nelayan tradisional di sepanjang pantai. Tidak jauh dari bibir pantai, mengalir sungai kecil yang diberi nama Sungai Liong. Sepanjang tepi sungai terdapat tempat pengembangbiakkan telur ikan kakap putih.
Hutan Lindung dan Pusat Pelatihan Gajah Hutan lindung dan margasatwa terdapat di daerah Bukit Batu dan kecamatan Mandau. Daerah Sebanga – Duri, yang berjarak 139 km dari kota Pekanbaru merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, di tempat ini beberapa gajah dilatih untuk melakukan berbagai atraksi yang dapat menghibur pengunjung.
Kota Duri Terletak pada jarak 89 km dari Minas atau 119 km dari Pekanbaru, Duri adalah salah satu kota penting yang menghasilkan minyak. Di daerah ini terdapat pipa minyak berukuran besar dengan diameter 60 inci di sepanjang jalan dan kilang minyak Dumai.

[sunting] Potensi Umum

[sunting] Pertambangan

Pertambangan Sebelum dibagi menjadi 4 daerah otonom, kabupaten Bengkalis adalah penghasil minyak terbesar di propinsi Riau dan di Indonesia. Eksplorasi minyak ini dilakukan oleh PT Caltex Pacific Indonesia dan konsesi dengan Kondur Petroleum.

[sunting] Perikanan

Karena memiliki daerah perairan yang cukup luas, maka Bengkalis sangat berpotensi menghasilkan ikan laut, selain itu juga terdapat budidaya ikan kakap putih di tepi sungai.

[sunting] Hasil Panen dan Holtikultura

Komoditas hasil panen yang ada di Kabupaten Bengkalis berupa beras di lahan seluas 14.319 ha, Sagu 17.710 ha, ubi kayu 1.273 ha, jagung 402 ha, kacang 162 ha, buah-buahan (durian, pisang, rambutan, nenas, mangga, dan lain-lain) dan sayur-sayuran 1.151 ha. Beberapa daerah ditunjuk untuk pengembangan komoditas hasil panen sebagai berikut :
  1. Pengembangan beras di Bantan, dan Bukit Batu.
  2. Pengembangan komoditas buah-buahan di Bengkalis.
  3. Komoditas sayur-sayuran di Bengkalis, Rupat, Mandau, dan Bukit Tinggi.

[sunting] Perkebunan

Komoditas utama di sektor perkebunan termasuk kelapa, karet, dan minyak sawit. Tanaman penting lainnya seperti kopi, coklat, dan buah pinang.

[sunting] Kehutanan

Di Kabupaten Bengkalis terdapat hutan seluas 463.441 ha yang tersebar di 8 kecamatan di kabupaten ini Hutan di daerah ini terdiri dari berbagai macam flora dan fauna. Hutan mangrove banyak terdapat di tepian pantai. Hutan lainnya ada yang menghasilkan kayu gelondongan, rotan, resin, dan bahan baku lainnya yang berasal dari hutan.

[sunting] Industri

Selain daripada kilang pengelolaan minyak yang dimiliki oleh Pertamina UP II Sungai Pakning, saat ini juga terdapat beberapa industri seperti kayu gergaji, perabotan, dan mangrove arang.

[sunting] Pariwisata

Letak geografis Kabupaten Bengkalis terdiri dari pulau-pulau dengan daerah pantai pesisir yang menghadap langsung ke Selat Malaka dan pemandangan yang indah – sangat perhatian para turis, berpusat di Pulau Rupat.

[sunting] Pranala luar



Tidak ada komentar: