the newbie blogger

Rabu, 20 Januari 2010

perusahaan migas

Chevron Corporation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Chevron)
Langsung ke: navigasi, cari
Chevron Corporation
Logo chevron 300dpi.jpg
Tipe Terbuka
Didirikan 1879
Letak San Ramon, California
Tokoh penting David O'Reilly, CEO & Ketua Umum
Industri Minyak dan gas
Produk Petrokimia
Pendapatan $174,10 milyar ASD (2005}
Karyawan 61.533
Situs www.chevron.com
Chevron Corporation NYSE: CVX adalah salah satu perusahaan energi terbesar dunia. Berkantor pusat di San Ramon, California, AS dan aktif di lebih dari 180 negara, Chevron bergerak dalam setiap aspek industri minyak dan gas, termasuk eksplorasi dan produksi; penyulingan, pemasaran, dan transportasi; produksi kimia dan penjualan; dan pembangkit tenaga. Chevron memiliki fasilitas di 90 negara.
Chevron didirikan pada tahun 1879 di Pico Canyon, California dengan nama Standard Oil Company of California atau Socal. Pada 2001, Chevron bergabung dengan Texaco untuk membentuk ChevronTexaco. Pada 9 Mei 2005, ChevronTexaco mengumumkan akan melepas moniker Texaco dan kembali ke nama Chevron. Texaco akan tetap menjadi sebuah merek di bawah perusahaan Chevron. Pada 19 Agustus 2005, Chevron bergabung dengan Unocal Corporation, sebuah gerakan yang membuat Chevron produsen terbesar energi geotermal di dunia.[1]

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Chevron di Indonesia

Di Indonesia sejak tahun 50-an mereka beroperasi dengan nama PT. Caltex Pacific Indonesia, yang kemudian berganti nama menjadi Chevron Pacific Indonesia dengan wilayah utama operasi di Provinsi Riau (Sumatra) dengan 4 wilayah inti, yaitu:

[sunting] Chevron Pacific Indonesia

[sunting] Unocal Indonesia Company

Unocal Indonesia Company sudah berganti nama menjadi Chevron Indonesia.

[sunting] Chevron Geothermal and Power Operations

Chevron Geothermal and Power Operations adalah bagian dari Chevron yang dulunya dikelola oleh Amoseas Indonesia dan beroperasi di daerah Darajat dan Garut di Jawa Barat
Di dalam struktur Chevron IndoAsia Business Unit (IBU), ketiga bagian Chevron ini dikenal dengan inisial daerah operasinya, yaitu SLO (Sumatera Light Operations) untuk Chevron Pacific Indonesia, KLO (Kalimantan Operations) untuk Chevron Indonesia, dan GPO (Geothermal and Power Operations) untuk Chevron Geothermal and Power Operations.

[sunting] Teknologi energi

Perusahaan ini juga mengembangkan dan mengkomersialisasikan teknologi energi maju, termasuk fuel cell, photovoltaic, dan bateri teknologi tinggi, dan aktif dalam riset dan pengembangan untuk menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar untuk transportasi dan tenaga listrik. Sebagai tambahan, perusahaan ini juga berinvestasi dalam bidang nanoteknologi, mengevaluasikan sebuah kelas baru blok pembangunan molekular yang berpotensi dapat berguna di banyak industri.

[sunting] Merk pemasaran

Sebuah SPBU Chevron di Amerika Serikat.

[sunting] Bahan bakar

  • Chevron
  • Standard Oil (dalam lingkungan terbatas)
  • Texaco (Di Amerika Serikat, Shell diijinkan menggunakan merk Texaco sampai 1 Juli 2006; SPBU Texaco yang dipasok Chevron akan segera mempromosikan "Texaco dengan Techron")
  • Caltex

[sunting] Pelumas

  • Delo (dijual oleh Caltex dan Chevron)
  • Havoline (dijual oleh Caltex dan Texaco)
  • Revtex (dijual oleh Caltex)
  • Ursa (dijual oleh Texaco)

[sunting] Aditif Bahan Bakar

  • Techron - Chevron, Texaco (mulai diperkenalkan tahun 2005), Caltex (mulai diperkenalkan tahun 2006 dan selanjutnya)
  • Clean System 3 - Texaco (mulai ditarik tahun 2005 dan digantikan oleh Techron)

[sunting] Promosional

  • Chevron Cars
  • sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Chevron 

Tidak ada komentar: