the newbie blogger

Selasa, 19 Januari 2010

Alat musik tiup


Alat musik tiup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Trompet, salah satu jenis alat musik tiup.
Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara meniup ke atau melalui suatu tempat di ujung penalun. Titinada (pitchgetaran ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara.

[sunting]Cara memperoleh nada

  • Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung. Ini dapat dilakukan dengan menutup lubang dengan jari atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup kayu(woodwind instrument).
  • Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang tabung melalui pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang melalukan udara melalui tabung tambahan sehingga meningkatkan panjang keseluruhan tabung, dan menurunkan titinada dasar. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup logam (brass instrument).
  • Mengubah panjang kolom udara getar dengan memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Metode ini digunakan misalnya oleh trombon.
  • Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

[sunting]Jenis alat musik tiup

Alat musik tiup dibagi menjadi dua kategori utama
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Alat_musik_tiup

Tidak ada komentar: